Wajib Tau! Ini 5 Manfaat Kencur Selain untuk Bumbu Dapur

Pesantenanpati.com Kencur merupakan salah satu bumbu dapur yang kaya akan manfaat. Selain itu, bumbu dapur ini juga dipercaya sebagai salah satu obat pereda pegal linu. Ada beberapa manfaat lain dari kencur yang perlu kamu ketahui.

Kencur adalah salah satu jenis rempah-rempah yang banyak ditemukan dalam berbagai masakan Indonesia. Bentuk kencur hampir mirip dengan jahe dan kunyit, namun dengan rasa dan aroma yang berbeda. Perlu kamu ketahui bahwa kencur kencur ini memiliki aroma yang sangat kuat.

Menurut penelitian, kencur mengandung sumber alami dari zinc, cinnamic acid, dan sejumlah mineral serta nutrisi lainnya. Tak hanya itu, masyarakat juga percaya bahwa kencur merupakan salah satu obat yang ampuh untuk meredakan pegal linu. Hal tersebut karena adanya kandungan minyak atsiri dan antioksidan-nya yang efektif dalam mengatasi peradangan yang bisa menyebabkan pegal linu.

Selain itu, kencur juga memiliki banyak manfaat lainnya, berikut adalah beberapa di antaranya :

  1. Melindungi dari berbagai penyakit

Adanya antioksidan di dalam kencur dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit. Kencur kaya akan polifenol atau antioksidan yang dapat menurunkan  gula darah dan kolesterol jahat.

  1. Mencegah beberapa jenis kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam kencur dapat membunuh sel kanker atau mencegahnya menyebar. Secara khusus, penelitian lain juga menunjukkan kemampuan kencur untuk melawan kanker beberapa kanker ssseperti kanker payudara, kanker saluran empedu, kanker kulit dan kanker hati.

  1. Meningkatkan kesuburan pria

Banyak orang yang percaya bahwa kencur juga dapat meningkatkan kesuburan pria. Sebuah penelitian pada tikus jantan menunjukkan bahwa jumlah dan motilitas sperma meningkat setelah menerima ekstrak kencur. Selain itu, penelitian yang dilakukan pada beberapa pria dengan kualitas sperma yang buruk menemukan bahwa ekstrak kencur dan buah delima dapat meningkatkan motilitas sperma hingga 62 persen.

  1. Mencegah infeksi

Minyak atsiri dari kencur mampu melawan berbagai mikroorganisme. Kencur dapat membunuh beberapa bakteri berbahaya, seperti E. coli, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella.

  1. Melawan radang dan nyeri

Karena fitokimia alaminya, kencur mampu mengurangi peradangan penyebab nyeri. Fitokimia sendiri diketahui bersifat anti-inflamasi. Tumbuhan dalam keluarga Zingiberaceae, termasuk kencur, dapat mengurangi rasa sakit, gejala peradangan yang umum. Hal inilah yang membuat kencur sebagai obat pereda nyeri.

BACA JUGA :   Khasiat Labu Siam bagi Kesehatan

Nah, itulah beberapa manfaat dari kencur yang perlu kamu ketahui. Selain untuk bumbu masakan, kencur juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting. Jadi jangan lupa untuk selalu sedia kencur di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *