Mengenal Tanaman Sembung yang Kaya Manfaat

Pati, Pesantenanpati.com – Tanaman sembung merupakan jenis tanaman herbal dengan nama latin Blumea Balsamifera. Tanaman itu yang kini dibudidayakan oleh warga Desa Sidomulyo Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati.

Tanaman sembung sangat cocok di kawasan tersebut karena posisinya berada di ketinggian 600 mdpl, sehingga tanaman tumbuh liar di berbagai areal. Seperti di sawah, perkebunan, pematang sawah, bahkan di tepi tanaman tegak.

Salah satu warga Dukuh Gebang, Desa Sidomulyo yang membudidayakan tanaman sembung bernama Sunyoto mengatakan bahwa tanaman sembung membawa banyak keuntungan bagi petani. Bahkan, dengan adanya tanaman ini dimanfaatkan oleh warga Desa Sidomulyo untuk keperluan berbagai hal.

“Sembung ini tanaman liar yang kami budidayakan secara kontinu. Karena tanaman ini memiliki nilai ekonomis dan bermanfaat untuk kesehatan. Di Sudomulyo dan Jepalo menjadi wilayah yang membudidayakan tanaman ini,” jelasnya.

Ia mengaku, jika tanaman sembung awalnya tidak dilirik. Justru tanaman liar ini lebih banyak dipakai untuk mengusir nyamuk di kandang hewan ternak.

BACA JUGA :   9 Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Tekanan Darah Rendah Atau Hipotensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *