Inilah 6 Cara Menghilangkan Rasa Mual Akibat Asam Lambung

Pesantenanpati.com – Berikut ulasan tentang cara menghilangkan rasa mual paling ampuh akibat asam lambung. Salah satu gejala yang sering muncul saat seseorang terkena asam lambung naik adalah mual.

Mual ini biasanya disertai perut penuh, kembung, sering bersendawa, mulas (rasa panas di perut sampai dada), diare, sembelit, hingga sakit perut. Hal ini karena asam lambung yang seharusnya ada di dalam lambung, naik ke kerongkongan karena adanya gangguan pada sfingter esofagus, yaitu cincin otot yang memisahkan dua bagian tubuh.

Biasanya sfingter esofagus bagian bawah menutup kembali setelah makan atau minum. Tujuannya adalah untuk mencegah semua makanan yang tertelan dan asam lambung kembali ke kerongkongan. Namun, jika sistem buka tutup katup atau cincin otot kendur dan tidak bisa optimal, asam lambung bisa naik dari lambung ke kerongkongan dan masuk ke mulut.

Rasa asam di mulut, diikuti batuk dan sendawa sering menyebabkan mual. Jika kondisi sfingter esofagus bagian bawah bermasalah, asam lambung dapat meningkat saat pasien stres atau mengonsumsi makanan yang digoreng, berlemak, pedas, minuman berkafein, atau alkohol.

BACA JUGA :   Mengenal Alergi pada Tubuh Beserta Gejala dan Cara Mengatasinya

Berikut ini beberapa cara ampuh yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa mual saat asam lambung naik.

  1. Ubah pola makan

Hindari makan berlebihan. Coba ubah pola makan kamu dengan makan porsi yang lebih kecil tetapi sering. Selain itu, kurangi atau hindari faktor penyebab asam lambung naik.

  1. Berhenti merokok

Merokok dapat melemahkan sfingter esofagus bagian bawah secara bertahap. Oleh karena itu, berhentilah merokok untuk menghindari rasa mual akibat asam lambung yang meningkat dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

  1. Hindari berbaring atau tidur setelah makan

Untuk mencegah asam lambung mudah naik, usahakan untuk tidak berbaring atau tidur minimal 2-3 jam setelah makan.

  1. Tinggikan sandaran kepala saat tidur

Penderita  asam lambung disarankan untuk tidur dengan sandaran kepala atau bantal yang tinggi. Hal ini dapat membantu mencegah mual dan asam lambung naik saat malam hari.

  1. Minum teh jahe

Minuman jahe merupakan obat antimual alami yang dapat kamu coba. Namun, gunakan secukupnya saja, sebab terlalu banyak jahe juga dapat menyebabkan asam lambung meningkat.

  1. Minum obat asam lambung

Untuk menghilangkan rasa mual akibat asam lambung yang meningkat sebaiknya gunakan obat asam lambung. Obat tersebut dapat mengurangi rasa mual dan menetralkan asam lambung.

BACA JUGA :   7 Cara Menurunkan Demam Pada Orang Dewasa Tanpa Obat

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi mual saat asam lambung naik. Jika kondisi tidak membaik, maka segera pergi ke dokter agar kondisi tidak semakin parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *