7 Manfaat Biji Pepaya yang Dapat Mencegah Kanker

Pesantenanpati.com – Banyak orang yang tidak menyadari banyaknya manfaat kesehatan dari biji pepaya. Bahkan ketika ingin mengonsumsi buahnya, banyak yang membuang bijinya ke tempat sampah.

Menurut beberapa penelitian, biji pepaya memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Bahkan kamu dapat menggunakan bijinya seperti mengeringkan, menggiling atau mencampurnya dengan makanan. Penelitian tersebut menemukan bahwa biji buah pepaya ini efektif dalam mengobati parasite tanpa efek samping. Berikut ini beberapa manfaat biji pepaya yang bagus untuk kesehatan tubuh :

  1. Menurunkan berat badan

Biji pada buah yang satu ini mengandung banyak serat. Mereka mendukung pencernaan yang memfasilitasi pembuangan produk limbah dari tubuh. Selain itu, mereka membantu mengatur metabolisme dan mencegah tubuh menyimpan kelebihan lemak. Hal ini membantu mencegah obesitas.

  1. Usus menjadi lebih sehat

Adanya kandungan zat yang disebut carpain mampu membunuh cacing dan bakteri di usus kamu. Selain itu juga mampu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh. Kandungan serat yang tinggi pada bijinya juga dapat mengatur fungsi usus dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  1. Menurunkan kolesterol

Serat membantu menurunkan kolesterol di seluruh tubuh. Alhasil, mengonsumsi biji pepaya membantu menjaga kadar kolesterol normal dalam tubuh. Manfaat kesehatan dari bijinya ini juga termasuk asam oleat dan asam lemak tak jenuh tunggal lainnya. Asam lemak ini menurunkan kolesterol jahat yang kemudian menurunkan kadar kolesterol.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan polifenol yang merupakan antioksidan kuat mampu melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu. Ambil 5-6 bijinya, kemudian hancurkan atau haluskan dan makan dengan makanan atau jus.

  1. Membantu meredakan kram menstruasi

Manfaat selanjutnya yaitu mampu membantu menyebabkan kram menstruasi sampai batas tertentu dan meningkatkan periode yang lebih teratur.

  1. Meredakan gejala keracunan makanan

Mengonsumsi ekstrak biji pepaya dapat membantu membunuh bakteri secara efektif seperti Escherichia coli dan lainnya yang menyebabkan sebagian besar kasus keracunan makanan.

  1. Mengurangi peradangan

Adanya kandungan kaya akan vitamin C dan senyawa lain seperti alkaloid, flavonoid dan polifenol yang bersifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, mereka dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan pada kondisi seperti asam urat dan radang sendi.

BACA JUGA :   Kenali Gejala Batu Ginjal Lebih Dini agar Tidak Menimbulkan Masalah Kesehatan Lain

Sekian sederet informasi mengenai manfaat biji pepaya yang perlu kamy ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *