5 Daftar Makanan yang Kaya Akan Vitamin D dan Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pesantenanpati.com – Tubuh manusia membutuhkan berbagai vitamin untuk menyediakan suplemen nutrisi yang  membantu mengatur metabolisme. Selain itu, vitamin juga dapat mencegah penyakit kronis, menjaga nafsu makan, kesehatan jiwa, kekebalan tubuh, dll.

Salah satu vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin D. Vitamin D sendiri merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Artinya vitamin D dapat disimpan dan diperoleh dari lemak tubuh. Manfaat terpenting vitamin D dalam adalah meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor untuk menunjang tulang dan gigi. Selain itu, vitamin D juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah  berbagai penyakit kanker.

Kebutuhan vitamin D setiap orang dapat berbeda-beda tergantung usia dan faktor risiko. Vitamin D untuk anak sampai usia 50 tahun adalah 200 IU per hari. Sedangkan orang berusia di atas 50 tahun membutuhkan 300-600 IU vitamin D per hari.

Selain itu vitamin D juga dapat meningkat pada masa pertumbuhan, kehamilan, menyusui dan usia lanjut. Hal ini karena vitamin D berkaitan dengan kebutuhan tubuh akan kalsium yang juga meningkat saat ini. Tubuh dapat memproduksi vitamin D di bawah sinar matahari pagi langsung. Namun, vitamin D juga bisa kamu dapatkan dari berbagai  makanan, seperti sayuran yang mengandung vitamin D. Berikut 5 buah dan sayur mengandung vitamin D yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Bayam

Selain kandungan serat yang cukup, bayam juga mengandung vitamin D. Namun, ingatlah untuk mengolah sayuran hijau ini dengan benar agar kandungan vitamin D bayam tidak hilang selama pengolahan.

  1. Jamur

Jamur merupakan sayuran yang mengandung vitamin D dan baik dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun, jamur menghasilkan vitamin D2, sedangkan hewan menghasilkan vitamin D3. Meskipun demikian, vitamin D2 juga mampu membantu meningkatkan kadar vitamin D dalam darah,  meski tidak seefektif vitamin D3.

  1. Brokoli

Sayuran yang mengandung vitamin D selanjutnya adalah brokoli. Selain baik untuk tulang, brokoli juga mengandung magnesium dan vitamin K yang baik untuk darah.

  1. Kiwi

Selain vitamin C yang cukup, kiwi juga merupakan buah yang mengandung vitamin D. Jika kamu ingin menambahkan vitamin D melalui buah, maka buah kiwi mungkin bisa menjadi pilihan.

  1. Pisang

Pisang tentu bukan buah yang kaya vitamin D. Namun, pisang kaya akan magnesium yang dapat membantu mengaktifkan vitamin D dalam tubuh. Perlu kamu ketahui bahwa penting untuk mengonsumsi magnesium dalam jumlah yang disarankan untuk mendapatkan manfaat optimal dari vitamin D.

  1. Jus jeruk

Siapa sangka  jus jeruk mengandung vitamin D dan kalsium yang baik . Sekitar 75% orang di seluruh dunia tidak toleran terhadap laktosa (dari susu) dan 2-3% lainnya alergi terhadap susu. Oleh karena itu di beberapa daerah mengganti susu dengan mengonsumsi jus jeruk. Selain itu, asam askorbat dalam jus jeruk dapat meningkatkan penyerapan kalsium. Konsumsi jus jeruk secara teratur dapat mencegah osteoporosis. Satu cangkir (237 ml) jus jeruk diperkirakan mengandung  hingga 100 IU vitamin D, atau 12 persen dari kebutuhan harian.

BACA JUGA :   Daftar Camilan Sehat dan Kaya Serat yang Bagus untuk Tubuh

Demikian beberapa daftar makanan yang dapat kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *