5 Cara untuk Mencegah Penyakit Kanker Serviks Sejak Dini

Pesantenanpati.comKanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak menyerang wanita. Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel Rahim. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah penyakit mematikan ini.

Penyebab munculnya kanker serviks ini karena adanya infeksi human papillomavirus (HPV). Virus ini dapat menyebar melalui kontak seksual. Sama halnya dengan penyakit lain, penyakit kronis ini juga ditandai dengan beberapa gejala. Berikut beberapa gejala kanker serviks yang perlu kamu ketahui :

  1. Terjadi perdarahan pada vagina setelah berhubungan,

  2. Keputihan encer dan berdarah,

  3. Nyeri panggul saat berhubungan seksual,

  4. Menstruasi lebih lama.

Jika sel kanker telah menyebar ke jaringan atau organ lain, gejala yang akan muncul sebagai berikut :

  1. nyeri buang air kecil,

  2. diare,

  3. kelelahan,

  4. penurunan berat badan secara mendadak,

  5. nyeri di daerah panggul.

Namun jangan khawatir, penyakit ini dapat dicegah. Berikut beberapa cara mencegah kanker serviks dari berbagai sumber.

  1. Vaksin HPV

Vaksin merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah risiko kanker serviks. Vaksin ini hanya bekerja untuk mencegah paparan terhadap HPV. Oleh karena itu, vaksin ini paling efektif dilakukan sebelum seseorang aktif secara seksual. Vaksinasi HPV juga direkomendasikan untuk anak usia 9-26 tahun. Namun, ACS tidak merekomendasikan pemberian vaksin HPV kepada orang yang berusia di atas 26 tahun ke atas.

  1. Gunakan kondom

Kondom dapat melindungi seseorang dari paparan HPV. Namun, kondom tidak dapat memberikan perlindungan 100%. Hal ini karena kondom tidak bisa menutupi semua area tubuh yang dapat terinfeksi HPV, seperti  anus.

  1. Hindari Merokok

Center for Disease and Prevention Control (CDC) menyatakan bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai jenis kanker, termasuk  kanker serviks. Perokok pasif atau mereka yang memiliki pasangan seksual yang aktif merokok memiliki risiko lebih besar terkena penyakit ini. Nikotin dan zat lain dalam tembakau dapat masuk ke leher rahim bersama sperma, hal tersebut yang melemahkan kemampuan sistem kekebalan untuk melawan sel kanker.

  1. Konsumsi makanan yang mencegah kanker serviks

Ada makanan tertentu dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit mematikan ini. Berikut beberapa makanan yang dapat melindungi tubuh dari paparan HPV:

  1. Kaya vitamin A, C dan E serta mineral seperti telur, jeruk, wortel dan produk susu
  2. Makanan kaya vitamin B dan folat seperti brokoli dan kembang kol
  3. Alpukat,
  4. Makanan kaya antioksidan,
  5. Makanan kaya polifenol dan flavonoid, seperti minyak zaitun, teh hijau, coklat, blackberry, tomat, dll.
BACA JUGA :   3 Rekomendasi Olahraga Ringan di Pagi Hari

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah penyakit mematikan ini. Selain itu, kamu juga harus melalukan tes pap smear secara rutin. Tes tersebut dapat membanty untuk mendeteksi sel-sel yang memiliki risiko berkembang menjadi kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *