Tradisi Syawalan Kembali Digelar di Pantai Morodemak

Pesantenanpati.com – Pada tahun ini, Tradisi Syawalan Kembali digelar di Pantai Morodemak yang terletak di Kecamatan Bonang.

Tradisi syawalan atau sedekah laut ini biasa digelar pada tanggal 7 syawal atau bodo kupat (lebaran kupat).

Warga desa Purworejo telah menyiapkan hiburan musik dangdut dan Wayang untuk menyemarakan pesta sedekah laut ini.

“Untuk Syawalan tahun ini nanti akan ada hiburan Dangdut dan Wayangan. Sementara untuk titik lokasinya nanti kami di TPI (Tempat Pelelangan Ikan), dari TPI nanti kami naik kapal langsung ke tengah laut untuk prosesi pelarungan,” Kata Rifqi Fajrul Fariz Plt Sekcam Bonang saat ditemui di RSKW 104.8 FM, Kamis, (27/4/23).

Ia juga mengungkapkan bahwa juga ada pelarungan yang merupakan bagian dari tumpeng.

“Nah untuk yang dilarung ini bagian dari tumpeng, kemudian yang di kapal juga ada tumpengan, setelah do’a, tahlil dan sambutan-sambutan kemudian makan bersama,” tambahnya.

Dirinya menjelaskan bahwa pelarungan kepala kerbau sudah tidak dilakukan. Sebab masih menjadi pembahasan para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

BACA JUGA :   Rembang Berpotensi Miliki Kantor IPHI di Setiap Kecamatan dan Klinik Haji

“Untuk larungan kepala kerbau beberapa tahun akhir-akhir ini tidak ada. Namun untuk tahun ini masih menjadi pembahasan panitia sama tokoh agama masyarakat setempat, rencana mau ada cuman ini masih difinalkan sehingga belum pasti”, tambahnya. (*)

 

 

Tradisi Syawalan Kembali Digelar di Pantai Morodemak“. Mitrapost.com, 28 April 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *