Pembebasan Lahan Pembangunan Tol Solo-Yogyakarta Ditarget Segera Selesai

Pesantenanpati.com – Pembebasan lahan pembangunan jalan Tol Solo-Yogyakarta ditarget selesai Maret mendatang.

Pada hari ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menteri PUPR RI Basuki Hadimoeljono, dan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati meninjau progres pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta, tepatnya di interchange seksi 1 ruas Tol Solo-Klaten, Senin (27/2/2023).

Ganjar mengatakan bahwa pengerjaan Tol seksi 1 masih terkendala dengan permasalahan pembebasan lahan.

Ganjar menegaskan, akan membantu pembebasan lahan tersebut hingga selesai pada Maret 2023.

“Kami lakukan percepatan ya, sehingga Joglosemar ini akan berjalan dengan baik. Ada beberapa ruas yang belum selesai dan mesti kami selesaikan, terutama di Klaten,” kata Ganjar usai peninjauan dan berdialog dengan warga penerima ganti untung pembebasan Tol Solo-Yogyakarta.

Menurut Ganjar, sudah menjadi tugas pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/ kota, untuk membantu percepatan pembebasan lahan.

“Insyaallah ini akan segera kami bantu untuk membereskan, itu tugas kami di pemda. Targetnya yang di Klaten itu, mintanya sebelum Lebaran sudah beres. Jadi nanti Bupati Klaten akan membantu. Ini fungsinya pemda,” jelas gubernur dua periode itu.

BACA JUGA :   Timbunan Sampah Capai 250 Ton per Hari, TPA Randukuning Batang dalam Kondisi Kritis

Terkait pembebasan dan ganti untung Proyek Strategis Nasional (PSN), Ganjar bersama dua menteri itu juga sempat berdialog dengan warga. Berdasarkan pengakuan sejumlah warga yang lahannya terkena PSN Tol Solo-Yogyakarta, ganti untung yang diberikan ternyata memberikan dampak positif.

“Hari ini kami mencoba mendengarkan suara masyarakat setelah pembebasan (lahan) dan ganti untung diberikan. Tadi beberapa sampel diberikan kepada kita dan ditanya oleh Bu Menkeu, ditanya oleh Pak Basuki, untuk apa. Rata-rata ya ganti untung, ada yang jadi kos-kosan, ada yang jadi rumah, ada yang jadi sawah, bahkan jadi tiga (sawah). Ada juga yang bandha desa (kas desa) tadi jadi berlipat. Saya kira bagus,” ungkap Ganjar.

Untuk pembebasan lahan pada triwulan pertama akan diselesaikan pada bulan Maret.

“Dari Solo ke Yogja, pembebasan lahan untuk tahap 1 sampai dengan Klaten rata-rata sudah 94 persen (seksi 1.1) dan 74 persen (seksi 1.2). Lahan akan diselesaikan pada triwulan pertama tahun 2023 ini, berarti Maret. Maka Bupati Klaten tadi bilang sebelum lebaran kalau bisa diselesaikan lahannya. Kalau itu sudah selesai tanahnya, progres fisiknya sudah 49 persen, jadi tinggal 51 persen, Insyaallah Desember selesai,” katanya.

BACA JUGA :   Wanita Nekat Sembunyikan Pil Koplo ke Lapas di Semarang

Basuki menjelaskan, untuk tol seksi 1.1 nanti juga ditargetkan dapat digunakan secara fungsional sebagai jalur Lebaran 2023. Tepatnya sekitar enam kilometer dari interchange Kartasura, dan keluar di sekitar Desa Sawit. Pembukaan secara fungsional itu untuk memecah kemacetan yang sering terjadi di Kartasura selama Lebaran.

“Untuk fungsional akan segera kami selesaikan dan siapkan untuk mudik, sehingga bisa mengatasi kemacetan di Kartasura. Untuk fungsional belum sampai Klaten,” ungkapnya. (*)

 

Pembebasan Lahan Pembangunan Tol Solo-Yogyakarta Ditarget Segera Selesai“. Mitrapost.com, 27 Februari 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *