Manfaat Jamur bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Pesanatenanpati.comJamur adalah makanan favorit bagi jutaan orang yang penuh manfaat. Selain digoreng, jamur juga dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai pilihan menu yang enak.

Rasa enak membuat jamur cocok untuk dijadikan menu makanan apa saja. Namun tahukah Anda bahwa jamur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan?

Jamur mengandung vitamin, mineral, protein dan serat. Jamur juga mengandung senyawa (termasuk polisakarida dan sterol) yang dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam jamur meliputi:

  • Selenium berguna untuk membantu tubuh memproduksi antioksidan untuk mencegah kerusakan sel.
  • Vitamin B6 yang mendukung sistem saraf dan membantu pembentukan sel darah merah.
  • Riboflavin, niasin dan asam pantotenat yang dapat membantu melakukan beberapa reaksi metabolisme dan berpartisipasi dalam produksi energi
  • Kaliummampu membantu otot berkontraksi, membantu keseimbangan cairan dan mempertahankan tekanan darah normal
  • Seng dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan pertumbuhan bayi dan anak yang sehat.

Berkat nilai gizinya yang tinggi, jamur memiliki manfaat kesehatan yang perlu kamu tahu berikut ini :

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Jamur mengandung antioksidan tertentu yang mampu membantu melindungi tubuh Anda dari stres dan mencegah atau memperlambat kerusakan sel. Jamur juga berguna untuk mengaktifkan zat dalam sistem kekebalan tubuh yang dapat meningkatkan kemampuannya untuk melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit, termasuk pertumbuhan sel tumor. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jamur yang tinggi dapat mengurangi risiko kanker.

  1. Menurunkan tekanan darah

Kalium adalah mineral dan elektrolit yang dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah. Karena jamur kaya akan mineral ini maka dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

  1. Mendukung penurunan berat badan

Studi menunjukkan bahwa jamur dapat membantu  menurunkan berat badan dengan aman bila dikombinasikan dengan olahraga dan  gaya hidup ysng sehat. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengganti 20 persen konsumsi dagingnya dengan jamur menunjukkan hasil penurunan berat badan yang lebih baik.

BACA JUGA :   Inilah 5 Pekerjaan yang Sangat Menantang di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *