Kenali Ciri-ciri Sabun Cuci Muka yang Tidak Cocok untuk Kulit

Pesantenanpati.com – Facial wash atau sabun cuci muka berguna untuk membersihkan dan menghilangkan kotoran dan debu pada wajah. Jadi kamu harus lebih berhati-hati dalam memilihnya.

Jenis dan kondisi kulit yang berbeda, tentu saja memerlukan komposisi sabun yang berbeda.oleh sebab itu, kamu harus mencari sabun cuci muka yang tepat untuk kulitmu.

Perlu kamu tahu bahwa sabun cuci muka juga dapat memberikan efek yang negative bagi kulit jika salah salah penggunaannya. Berikut ini merupakan ciri-ciri facial wash yang kurang tepat untuk kulitmu.

  1. Kulit terasa tertarik atau kencang

Facial wash atau sabun cuci muka yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau jenis kulit akan menimbulkan rasa kencang seperti tertarik atau bahkan kering. Kondisi tersebut dapat terjadi karena komposisi sabun yang menghilangkan minyak alami dari kulit wajah. Oleh karena itu akan menimbulkan kulit wajah menjadi kering, terkena iritasi dan meninggalkan kesan kencang.

  1. Wajah terlihat kusam

Kalau kamu merasa setelah mencuci muka kemudian wajah menjadi kusam, mungkin saja kamu tidak cocok dengan kandungannya. Jika kamu memaksa untuk menggunakannya lebih lanjut, kemungkinan hal tersebut justru akan memperburuk kondisi kulit wajahmu. Jadi hentikan penggunaannya, kemudian beralih ke produk yang memiliki kandungan cocok untuk kulitmu.

  1. Kulit mudah berawat

Penggunaan facial wash yang kurang tepat juga dapat menyebabkan jerawat atau komedo pada bagian dahi, hidung, pipi, dan dagu. Jerawat tersebut muncul karena bahan aktif dalam sabun yang memicu produksi minyak atau sebum berlebih. Efek dari adanya kadar minyak yang berlebih tersebut lalu berujung menjadi jerawat.

  1. Muncul tanda-tanda penuaan dini

Kandungan facial wash yang kurang tepat tentu akan menghilangkan kadar minyak, elastisitas dan pH kulit. Jika salah satu unsur tersebut hilang dari kulit, maka akan menimbulkan berbagai permasalahan baru pada kulit. Masalah yang timbul mulai dari hiperpigmentasi, garis halus, kendul, kulit kering hingga munculnya bitnik hitam.

  1. Kemerahan

Kemerahan pada wajah setelah menggunakan sabun cuci, dapat dipengaruhi oleh zat yang terlalu sensitif pada kulit di dalamnya. Selain  kemerahan,  beberapa kondisi juga akan terasa perih, panas, atau gatal seperti tersengat. Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus segera menghentikan penggunaan sabun tersebut dan beralih ke  sabun lain yang lebih sesuai dengan kondisi kulit wajah.

BACA JUGA :   Perlu Tahu, Inilah 8 Mitos Tentang Rambut yang Salah Kaprah

Pembersih wajah yang tidak cocok untuk kulit terbukti menyebabkan masalah. Itu sebabnya kamu perlu mengetahui jenis kulitmu terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil maksimal dari sabun wajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *