Hati-hati Jangan Konsumsi 8 Makanan Ini Saat Cuaca Sedang Panas

Pesantenanpati.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) baru-baru ini mengeluarkan peringatan cuaca panas ekstrem yang melanda Indonesia dalam beberapa hari terakhir. Ada beberapa makanan dan minuman tertentu yang tidak boleh kamu konsumsi ketika cuaca sedang panas.

Saat suhu melonjak di seluruh negeri hingga mencapai rekor tertinggi, setiap orang di dorong untuk melindungi diri dari efek merusak dari panas terik. Kamu dapat melakukannya dengan memakai tabir surya dan mengonsumsi makanan serta minuman yang menghidrasi. Namun, ada juga beberapa makanan dan minuman tertentu yang harus kamu hindari. Berikut beberapa di antaranya, menurut berbagai sumber :

  1. Es krim

Berlawanan dengan kepercayaan saat ini, es krim sebenarnya dapat menaikkan suhu tubuh lebih tinggi daripada makanan lainnya. Makanan dingin seperti es krim dapat menaikkan suhu inti tubuh karena tubuh akan mengimbangi pendinginan cepat yang di prakarsai oleh makanan dingin. Tubuh juga lebih sulit mencerna makanan yang mengandung banyak lemak dan gula yang menyebabkan suhu tubuh meningkat.

  1. Teh dan kopi

Dalam cuaca yang sangat panas, minuman yang paling menyegarkan tentu saja teh dan kopi. Namun, minuman semacam itu memiliki sifat diuretik yang kuat, yang artinya minuman ini secara alami membantu mengeluarkan air dari tubuh. Sifat diuretik dapat secara signifikan membantu ginjal  membuang kelebihan air yang pada selanjutnya dapat menurunkan tekanan darah. Namun, saat suhu naik, penting bagi kita untuk menyimpan air sebanyak mungkin. Jadi mengandalkan diuretik (seperti terlalu banyak minum kopi) bisa menyebabkan dehidrasi.

  1. Mangga

Mangga segar dan matang sepertinya cocok di konsumsi saat cuaca sangat panas. Tapi mangga adalah makanan yang bisa mengeluarkan air dari tubuh. Hal ini karena mangga tinggi potasium, yang merupakan diuretik alami. Makan terlalu banyak mangga saat cuaca panas dapat menyebabkan dehidrasi. Jika kamu menginginkan sesuatu yang manis dan alami, maka stroberi dan melon adalah pengganti yang baik karena kandungan airnya yang tinggi.

  1. Sayuran diuretik

Beberapa sayuran juga dianggap diuretik. Misalnya, asam amino dalam asparagus bersifat diuretik alami yang dapat mengurangi retensi cairan. Beberapa makanan sehat yang bersifat diuretik antara lain bawang merah, bawang putih, paprika, artichoke, dan adas yang memberikan efek serupa. Jika kamu tetap ingin mengonsumsi sayuran tersebut, cobalah seimbangkan dengan air putih agar tubuh tetap terhidrasi.

  1. Daging

Makanan tinggi protein seperti daging, juga bisa membuat kamu merasa dehidrasi. Tubuh menggunakan lebih banyak air untuk memetabolisme nitrogen yang secara alami di temukan dalam protein, menyebabkan sel kehilangan banyak air, membuat kamu merasa dehidrasi.

  1. Alkohol

Alkohol dan turunannya juga memiliki sifat dehidrasi yang dapat menyebabkan kehilangan air dalam tubuh manusia. Setelah minum banyak alkohol, kamu mungkin memperhatikan bahwa tubuh menghasilkan urin berwarna kuning yang merupakan tanda dehidrasi.

  1. Makanan pedas

Selalu di sarankan untuk menghindari makanan panas saat cuaca panas. Jika tidak, itu dapat membahayakan kesehatan. Makanan pedas kebanyakan mengandung capsaicin yang berdampak buruk pada Pitta dosha, yaitu menimbulkan panas dalam tubuh. Capsaicin, di sisi lain menyebabkan keringat berlebih, borok kulit, dehidrasi, dan penyakit. Oleh karena itu, makan makanan pedas sebaiknya kamu hindari pada suhu tinggi.

  1. Gorengan

Bukan rahasia lagi jika makanan yang di goreng tidak baik untuk kesehatan. Makanan yang di goreng dan makanan cepat saji lainnya bisa mengering. Selain itu, makanan jenis ini sangat sulit  di cerna saat cuaca panas. Pada dasarnya gorengan atau makanan cepat saji memiliki efek negatif bagi kesehatan secara keseluruhan.

BACA JUGA :   Daftar Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Berlubang

Nah, itulah beberapa makanan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi saat cuaca sedang panas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *