Pentas Seni Budaya Jawa Masih Lestari di Juwana

Pati, Pesantenanpati.com – Pentas seni budaya Jawa hingga kini masih lestari di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, tepatnya di Desa Mintomulyo.

Terbaru, pentas seni budaya Jawa digelar di Pendopo Joglo Mintomulyo. Pentas digelar dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78.

“Untuk agenda ini yang pertama untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, yang kedua untuk melestarikan bangsa Indonesia terutama nguri-nguri budaya Jawa agar tidak hilang budayanya dan yang ketiga untuk menghibur semua masyarakat khususnya masyarakat Desa Mintomulyo Juwana,” tutur Wardi selaku panitia pelaksana pentas seni.

“Ini merupakan agenda yang kedua, yang pertama itu pas tahun lalu itu dan tahun ini itu yang kedua kalinya,” tambahnya.

Pentas seni budaya Jawa tersebut diselenggarakan oleh Sutikno selaku ketua RT 03 Desa Mintomulyo berserta dengan perangkat lembaga lainnya.

“Yang menyelenggarakan sendiri yakni Sutekno selaku ketua pemuda dari RT 03, dan perangkat lembaga beserta jajarannya didukung oleh pihak sponsor dari luar desa itu,” lanjut dia.

BACA JUGA :   Cuaca Ekstrem Sebabkan Sejumlah Penyakit Alami Peningkatan Kasus di Pati

Disebutkannya, total peserta pentas seni budaya Jawa diklaim ada 23 peserta, baik dari penduduk lokal Desa Mintomulyo maupun dari luar Desa Mintomulyo.

Dengan tujuan mengakrabkan seluruh masyarakat Juwana untuk berkolaborasi mementaskan pelestarian budaya Jawa Indonesia. Mengingat penduduk dalam atau luar Desa Mintomulyo memiliki potensi budaya yang besar.

Sebagaimana diketahui, peserta pentas seni yakni meliputi beberapa seniman lokal, pementasan tari, hingga pementasan drama. Seperti Tari Gambyong, Tari Jaranan, Tari India, Tari Anoman, Tari Cakil, drama Ande-Ande Lumut dan masih ada banyak pementasan lainnya.

“Pementasan tari ada Tari Gambyong para ibu-ibu RT 03, Tari Jaranan, Tari Indian, pementasan drama ada Ande-Ande Lumut, pementasan Tari Anoman, pementasan Tari Cakilan, dan masih banyak lagi,” ungkapnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *