Langganan Banjir, Warga Berharap Pembersihan Sungai Jadi Solusi

Pati, Pesantenanpati.com – Sering menjadi langganan banjir, masyarakat Juwana khususnya wilayah sekitar Desa Doropayung berharap usai terlaksananya pembersihan sungai di Desa Doropayung, Kecamatan Juwana bisa menjadi solusi kurangi banjir.

Sebagai informasi, kegiatan pembersihan sungai itu digelar oleh jajaran Kodim 0718/Pati.

Banjir yang sering terjadi di Desa Doropayung dinilai telah menimbulkan berbagai banyak permasalahan, mulai dari aktivitas masyarakat yang terganggu, hingga menimbulkan masalah kesehatan.

Kendati demikian, wakil RT 07 Desa Doropayung, Ras Setio menyakini bahwasannya meskipun pembersihan sungai di Desa Doropayung tidak sepenuhnya mencegah banjir, akan tetapi bisa mengurangi terjadinya banjir.

“Ya setidaknya kan bisa mengurangi terjadinya banjir mbak, kalau mencegah itu sangat sulit di sini. Karena apa, karena kan di sini sudah menjadi langganan, sudah sering terjadi setiap tahunnya jadi mau digimanain juga nanti tetap akan banjir,” ujar Ras.

“Dan ini akan dilakukan secara rutin juga tentunya, dulu pernah dari Desa Doropayung sendiri juga tetapi kan sama tetap banjir juga. Jadi intinya mengurangi lah,” tambahnya.

BACA JUGA :   Pemkab Pati Bersiap Hadapi Arus Mudik 2024

Selain itu, ia juga mengharapkan air saluran sungai di Desa Doropayung bisa berjalan dengan lancar tanpa tersumbat baik sampah maupun tanaman di sekeliling sungai.

“Selain mengurangi banjir kan airnya bisa berjalan dengan lancar, cepat, tidak ada yang tersumbat oleh sampah-sampah maupun oleh tanaman-tanaman yang mengganggu di sekeliling sungai ini,” lanjut dia.

Para jajaran Kodim 0718/Pati maupun instansi terkait lainnya, termasuk salah satunya yakni Kapten Inf Kusmiyanto Perwira Seksi Teritorial Kodim 0718/Pati juga mengharapkan dengan pembersihan sungai di Desa Doropayung, tidak ada lagi genangan air tersumbat dan bisa mengalir ke arah laut.

“Baik, diharapkan setelah pembersihan ini, tidak ada genangan-genangan air yang tersumbat. Jadi air bisa menjadi lancar dan mengalir ke laut,” jelasnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *