Komoditas Cabe Rawit Hijau Mengalami Penurunan Harga

Pati, Pesantenanpati.com – Komoditas cabe rawit hijau kini menunjukkan harga yang baik bagi konsumen. Pasalnya, pada awal bulan Oktober ini, terjadi penurunan harga.

Berdasarkan data Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati harga cabe rawit hijau di angka Rp42.000 per kilogram. Sebelumnya, berkisar Rp45.000 per kilogram.

Harga cabe mengalami penurunan diangka Rp3.000 per kilogramnya. Atau berdasarkan data perubahan telah mengalami penurunan 7,14 persen.

Melalui Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disdagperin Kabupaten Pati, Kuswantoro menilai bahwasannya penurunan tersebut cukup jauh.

“Untuk saat ini yang turun itu cabe rawit hijau. Yang semula harganta itu Rp42.000 per kilogramnya, tapi sekarang sudah turun jadi Rp42.000 per kilonya,” kata Kuswantoro.

“Jadi bisa diartikan kalau turunnya itu diangka Rp3.000 per kilogramnya. Jadi lumayan jauh juga turunnya,” tambahnya.

Sementara itu, untuk harga cabe lainnya seperti cabe merah keriting, cabe merah besar teropong, dan cabe rawit merah masih dinilai stabil. Bisa dikatakan dengan tidak mengalami penurunan maupun kenaikan diawal bulan Oktober tahun 2023.

BACA JUGA :   Penghapusan Kelas BPJS Masih Tunggu Perpres Nomor 82 Tahun 2018

Dengan rincian, cabe merah keriting dengan harga Rp32.000 per kilogram, cabe merah besar teropong berkisar Rp45.000 per kilogram, dan harga cabe rawit merah kini berkisar Rp35.000 per kilogram.

“Untuk harga cabe merah keriting harganya itu Rp32.000 per kilogram, terus cabe merah besar teropong berkisar Rp45.000 per kilogram, dan untuk harga cabe rawit yang merah itu berkisar dengan Rp35.000 per kilogramnya ya,” lanjut dia. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *