Kebakaran Terjadi di Sukolilo, Ini Penyebabnya

Pati, Pesantenanpati.com – Kebakaran kembali melanda Kabupaten Pati. Kali ini terjadi di wilayah Desa Garu Dero Lor, Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Tepatnya, di salah satu kebun jagung dekat kandang ayam.

Kebun itu adalah milik warga atas nama Exwin (35) yang merupakan warga Desa Kalimulyo, Kecamatan Jakenan.

Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Pati telah mendapat laporan bahwasannya kebakaran tersebut terjadi pada 12.45 WIB dan berhasil dipadamkan pada pukul 13.50 WIB. Dengan penyebab yang telah ditelusuri lantaran kelalaian dalam membakar pohon jagung.

Keterangan tersebut disampaikan melalui Kepala Bidang Damkar dan Linmas Satuan Pramong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati, Heru Kristanto, pada Rabu (20/9/2023).

“Kebakaran terjadi pada kebun jagung di Desa Garu Dero Lor milik warga yang bernama Exwin, 35 tahun pekerjaan wiraswasta Desa Kalimulyo, Kecamatan Jakenan,” kata dia.

“Karena lalai, yang awalnya membakar pohon jagung malah berujung merembet nais kebakaran,” tambahnya.

Lebih lanjut, dalam upaya pemadaman kebakaran tersebut, Tim Damkar Pati hanya membawa satu unit mobil Damkar. Berdasarkan laporan, tidak ada kerugian finansial maupun kerugian material. Selain itu juga tak ada korban jiwa atau bisa dikatakan nihil.

BACA JUGA :   Inspektorat Pati Blusukan ke Desa, Periksa Sistem Kelola Keuangan

“Damkar menerima laporan kebakaran kemudian langsung menuju lokasi kebakaran. Yang mana hanya membawa satu unit mobil damkar aja,” lanjut Heru.

“Korban jiwa nihil, tidak ada kerugian manapun. Atau dikatakan nol rupiah,” sambungnya.

Tak lupa, imbauan kepada seluruh masyarakat, jika hendak membakar apapun termasuk tanaman yang dirasa cepat terbakar harus selalu diawasi dan ditunggu hingga api benar-benar padam.

“Sering saya ingatkan dan beri imbauan, kalau pada musim kemarau yang panas ekstrem ini agar jangan membakar sampah sembarangan, apapun itu pohon jagung yang dirasa mudah terbakar. Kalaupun terdesak harus benar-benar ditunggu hingga api benar padam dan terkendali,” imbau Heru. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *