Kabar Baik Bagi Nelayan, Bulan September hingga Akhir Tahun Jadi Musim Panen Ikan

Pati, Pesantenanpati.com – Kabar baik bagi para nelayan, sebab bulan September hingga Desember menjadi musim panen ikan.

Musim panen terjadi ketika nelayan sudah melakukan pelayaran pada Mei hingga Juli 2023. Sehingga nelayan akan mudik pada September.

Hal itu diungkapkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati melalui Kabid Pengelolan dan Pembinaan Tempat Pelelangan Ikan (Kabid P2 TPI), Soleh.

“Puncak panen ikan mulai September sampai awal Desember 2023. Kalau kapal kecil berlayar seperti biasa kan, kalau untuk yang kapal besar baru setelah sedekah laut sekitar Mei 2023,” jelasnya.

Sebelum itu, pada bulan Agustus puncak panen ikan sudah ditandai dengan beberapa kapal nelayan mulai berdatangan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) unit 1 dan unit 2 Juwana.

Kedatangan kapal-kapal pengangkut ikan tersebut, juga menjadi tanda cuaca yang bersahabat saat melakukannya pelayaran. Sehingga nelayan dapat mendarat dengan selamat saat pergi maupun pulang.

“Selama memperhatikan prosedur keselamatan pelayaran juga akan baik. Tapi untuk kondisi cuaca memang cukup baik, ombak kategori kecil hingga sedang, tidak ada badai selama bulan-bulan berlayar ini,” terangnya.

BACA JUGA :   Pameran UMKM hingga Kesenian Tradiosional Pati akan Meriahkan Porprov Jateng 2023

Sementara itu, berdasarkan data para nelayan yang mendaratkan ikan ke TPI unit 1 dan 2 Juwana hingga per Juli 2023 telah capai 8.700 ton.

Capai tersebut dipastikan akan meningkat jelang memasuki musim panen di akhir tahun 2023 ini.

“Untuk jumlah produksi ikan, data kami Januari sampai Juli ada sebesar 8.785.974 kilogram yang telah didaratkan ke TPI,” pungkasnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *