Disketapang Prediksi Harga Beras Tetap Stabil Hingga Panen Selanjutnya

Pati, Pesantenanpati.com – Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kabupaten Pati, Tri Hariyama mengatakan harga pangan, khususnya beras cukup stabil dalam beberapa bulan ke depan.

Artinya, hingga perayaan hari raya Iduladha 1444 hijriah nanti, diprediksi tidak ada gejolak harga beras yang berarti.

Tidak seperti saat hari raya Idulfitri di Pertengahan bulan April lalu, yang sempat mengalami lonjakan yang cukup tinggi.

“Saat ini ini sudah stabil, menurut saya dalam beberapa bulan ke depan, bahkan sampai panen lagi akan tetap stabil,” ujarnya saat diwawancara di kantornya, Senin (5/6/2023).

Ia menjelaskan, melonjaknya harga beras di bulan Januari hingga April lalu disebabkan adanya bencana banjir yang menimpa petani. Sehingga hasil panen berkurang sementara kebutuhan tetap.

Namun, untuk saat ini potensi bencana alam di sektor pertanian di Kabupaten Pati cukup kecil.

Menurutnya, intervensi pemerintah dalam menekan inflasi dan mengendalikan harga beras melalui operasi pasar dan kucuran dana pengendalian inflasi cukup efektif menetralkan harga pasar.

Sementara itu, musim panen padi bulan Februari-Mei kemarin sudah mampu mencukupi kebutuhan  dan menstabilkan harga beras .

BACA JUGA :   Retribusi Parkir Pati Capai Target

“Adanya penanganan inflasi pengucuran dana pusat dan kabupaten harganya sudah stabil. Pemerintah jangan sampai terlalu tinggi juga jangan terlalu murah. Sepanjang terjangkau masyarakat, pemerintah membiarkan kalau relatif ekstrem tinggi pemerintah harus intervensi,” ungkapnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *