Dinporapar Nilai Perlu Ada Kajian dan Pemeriksaan Tempat Wisata Berbasis Air Demi Keselamatan Pengunjung

Pati, Pesantenanpati.com – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati menilai perlu ada kajian dan pemeriksaan tempat wisata berbasis air demi keselamatan pengunjung.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Dinporapar Kabupaten Pati, Mohamad Roni.

“Dan harus ekstra keamanan dan kenyamanan diperkuat, karena ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa mengganggu kenyamanan sama keselamatan wisatawan,” sebut Roni.

Ia menilai tempat wisata yang memiliki wahana bermain utamanya yang berbasis dengan air wajib memiliki dan menerapkan peraturan standar sebelum memulai atau melakukan operasional tempat wisatanya.

“Setiap tempat wisata, apalagi yang berbasis dengan air ini perlu adanya kajian-kajian sekaligus pemeriksaan terlebih dulu. Baik kesiapannya, keamanannya gimana terhadap peralatan wisata bermain ini,” tambahnya.

Roni menambahkan, kajian dan pemeriksaan harus selalu dilakukan secara berkala termasuk dengan mengantisipasi ketika jumlah para pengunjung atau wisatawan melebihi kapasitas.

Selain itu, selalu melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai peraturan dalam bermain di tempat wisata yang berbasis air yang bisa memastikan pengguna wahana dapat menikmati dengan aman dan nyaman.

BACA JUGA :   Kepala Sekolah SD Negeri Payang 02 Berharap Tidak Ada Siswa yang Putus Sekolah

“Untuk kajian dan pemeriksaan juga dilajukan secara berkala tentunya. Apalgi mengantisipadi jika jumlah totak para pengunjung melebihi taget, melebihi kapasitas,” tambahnya.

“Termasuk dengan sosialisi dan edukadi dulu itu sebelum masuk ke wahana. Jadi di depan diberitahu dulu, diarahkan sehingga bisa memastikan pengguna wahana bisa menikmat dengan aman dan nyaman,” tutup dia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *