Ali Badrudin Harapkan Pengisian Perangkat Desa Segera Dilakukan

Pati, Pesantenanpati.com – Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin berharap Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro segera melakukan pengisian perangkat desa usai revisi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 55 Tahun 2021 tentang Pengisian Perangkat Desa selesai dilakukan.

“Tentang Pengisian Perangkat, tentu harapannya eksekutif, yakni Pak Pj untuk segera melakukan desa di tahun 2024, tapi dengan syarat Perbup 55 ini harus selesai revisi lebih dulu,” ujarnya.

Lebih lanjut, saat dikonfirmasi mengenai progres revisi Perbup tersebut, pihaknya menuturkan bahwa Perbup masing tahap revisi di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Selepas itu, draft Perbup hasil revisi Pemprov akan diserahkan tingkat nasional yakni Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pihaknya pun berharap agar proses revisi dapat segera diselesaikan, sehingga pengisian Perades di Pati dapat dilaksanakan kembali.

“Sampai saat ini sudah ada di Provinsi untuk di revisi, atau mungkin malah sudah sampai Kemendagri. Semoga saja nanti tahun 2024 sudah bisa diterapkan untuk pengisian Perades ini,” imbuh Ali.

Ali mengungkapkan melalui revisi Perbup 55 tersebut, maka pengisian perangkat desa akan kembali diserahkan kewenangannya kepada pemerintah desa. Yang mana pada proses pengisian Perades sebelumnya justru kewenangan diambil oleh Pemerintah Kabupaten Pati.

BACA JUGA :   Kasus di Juwana Jadi Satu-satunya Perkara Pembunuhan yang Ditangani PN Pati di 2022

“Jadi revisi ini disesuaikan kembali oleh UU nomor tahun 2015, yang mana pengisian perangkat desa akan kembali menjadi kewenangan dari masing-masing desa yang menyelenggarakan,” ucapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *