9 Jenis Olahraga Saat Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar dan Sehat!

Pesantenanpati.com Puasa adalah bagian dari agama, tidak hanya dalam Islam tetapi juga agama lain. Selama bulan suci Ramadan, umat Islam berpuasa dari pagi hingga terbenam matahari tanpa makan atau minum. Hal itu tentu memiliki dampak pada tubuh, di mana seseorang akan mudah merasa lemas. Namun, berpuasa bukan menjadi alasan untuk tidak rutin berolahraga. Berikut 9 jenis olahraga saat puasa agar tubuh tetap bugar dan sehat :

  1. Jalan santai

Selain membakar kalori dan lemak, aktivitas ini juga dapat mengencangkan otot dan menyehatkan jantung.

  1. Joging

Olahraga ini baik apalagi bagi bagi orang yang berpuasa. Melakukan jogging dengan intensitas ringan dapat menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

  1. Yoga

Yoga sering disebut meditasi karena memadukan gerakan fisik dengan pernapasan untuk meningkatkan kesehatan dan ketenangan tubuh.

  1. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang tidak hanya menyehatkan tetapi juga menyenangkan. Apalagi jika dilakukan sebelum berbuka puasa, Kamu dapat bersepeda sekaligus bersenang-senang atau ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka.

  1. Sit-up dan push-up

Sit Up adalah olahraga sederhana untuk memperkuat otot perut dan mengurangi lemak  tubuh.  Sedangkan Push Up adalah olahraga yang memperkuat otot  lengan yaitu  trisep dan bisep.

  1. Squat

Squat adalah gerakan atletik yang dapat berguna untuk memperkuat otot punggung bagian bawah, seperti otot  betis, betis, paha, dan gluteal. Cara ini akan membantu kamu membakar lemak  perut dan pinggang  dengan cepat.

  1. Plank

Olahraga plank ini cukup sederhana. Kamu hanya perlu posisi tengkurap dengan menggunakan lengan bawah untuk menopang. Lalu tahan sekuat mungkin (cobalah setidaknya selama 30 detik). Sangat cocok jika kamu melakukannya sebelum berbuka puasa untuk memperkuat otot perut saat menurunkan berat badan.

  1. Bowling

Bowling merupakan olahraga yang cukup menyenangkan dan kamu dapat menghabiskan waktu bersama teman saat melakukannya. Manfaat olahraga bowling adalah memperkuat otot lengan dan melatih keseimbangan tubuh.

  1. Latihan beban

Latihan beban ini termasuk salah satu aktivitas fisik yang dapat kamu lakukan saat berpuasa. Agar tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga, pilihlah beban yang tidak terlalu berat.

BACA JUGA :   Presiden Joko Widodo Lantik Dito Ariotedjo Jadi Menpora

Nah, itulah beberapa jenis olahraga yang dapat kamu coba selama menjalani puasa. Tentu saja kamu dapat melakukannya setiap hari, asal jangan terlalu lama agar kamu tidak merasa haus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *