Asal Usul Nasi Gandul Khas Pati

Pati, Pesantenanpati.comNasi gandul merupakan salah satu makanan khas Pati yang paling terkenal. Nggak lengkap rasanya berkunjung ke Pati kalau tidak mencicipi makanan berkuah yang satu ini.

Nasi gandul terdiri dari nasi putih yang diberi lauk daging sapi atau empal berbumbu bacem. Kemudian, diguyur kuah santan bercita rasa gurih.

Cara penyajian makanan yang satu ini juga unik, yakni dialasi daun pisang dan tidak menggunakan sendok, alias suru. Suru merupakan daun pisang yang dipotong memanjang dan dilipat dua sehingga bisa difungsikan sebagai sendok. Namun, seiring berjalannya waktu banyak penjual nasi gandul yang menyediakan sendok maupun garpu.

Nama makanan ini cukup unik, ‘gandul’ dalam bahasa jawa memiliki arti ‘menggantung’. Namun bukan cara penyajian nasinya yang menggantung, melainkan cara berjualan tempo dulu yang digantung dan dipikul.

Jaman dahulu makanan ini belum memiliki nama, sehingga ketika ada yang ingin membeli mereka menyebut sego gandul atau nasi gandul. Penamaan tersebut masih digunakan hingga saat ini.

BACA JUGA :   Jajanan Chiki Nitrogen Turut Menyita Perhatian Sejumlah Pihak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *