7 Manfaat Kembang Turi Bagi Kesehatan Tubuh

Pesantenanpati.comKembang Turi atau Bunga Turi adalah suatu bunga yang keberadaannya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, khususnya Jawa Tengah. Kembang Turi banyak sekali tumbuh dibeberapa daerah Jawa Tengah.

Masyarakat biasanya memasak Kembang Turi atau Bunga Turi dengan cara di tumis. Rasa yang dihasilkan sedikit pahit gurih yang tercampur sempurna dengan bumbu.

Cara memasak Kembang Turi juga cukup simple dan sama seperti kamu menumis kangkong. Namun biasanya diberi tambahan daun jeruk agar aromanya sedap.

Perlu kamu tahu bahwa Kembang Turi ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut adalah 8 manfaat dari Kembang Turi bagi kesehatan yang perlu kamu tahu.

  1. Dapat mengobati sariawan, menurunkan tekanan darah tinggi hingga memelihara kesehatan jantung

Hal tersebut sebab dalam Kembang Turi mengandung vitamin C dan kaya akan antioksidan. Jika kamu tidak suka olahan Kembang Turi, maka dapat menggunakan air remasannya untuk berkumur-kumur.

  1. Bagus untuk ibu hamil dan menyusui

Kembang Turi sangat bagus untuk ibu hamil sebab dapat mendukung perkembangan bayi. Selain itu juga dapat memperlancar ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Jadi bagi kamu yang sedang hamil dan menyusui maka jangan lupa untuk konsumsi Kembang Turi.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Adanya selenium dan antimikroba tentu saja dapat meningkatkan imun dan kekebalan tubuh. Kabarnya bahwa Kembang Turi juga dapat memperlambat perkembangan virus.

  1. Dapat atasi migrain atau sakit kepala

Adanya kandungan vitamin B2 juga mampu mengurangi migrain dan sakit kepala. Jadi apabila kamu sedang merasa migrain atau sakit kepala, cobalah untuk mengonsumsi Kembang Turi.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang terkandung di dalamnya tentu akan mampu menjaga kesehatan mata. Kamu dapat mengomsumsi Kembang Turi dengan bentuk olahan makanan atau meminum air rebusannya.

  1. Dapat mencerahkan kulit.

Bagi penderita anemia maka sangat disarankan untuk mengonsumsi Kembang Turi. Sebabadanya kandungan zat besi dan vitamin A mampu meningkatkan kadar hemogoblin atau sel darah merah. Selain itu juga dapat menjaga kesehatan kulit dan menghilangkan jerawat.

  1. Mempercepat penyembuhan luka.

Kamu dapat menggunakan Kembang Turi untuk penyembuhan luka dengan cara menumbuknya kemudian tempelkan pada luka. Banyak yang percaya bahwa luka akan cepat kering dengan menerapkan cara di atas.

BACA JUGA :   3 Cara Konsumsi Kencur untuk Kesehatan Tenggorokan

Demikian 7 manfaat dari Kembang Turi yang wajib kamu tahu. Jadi mulai sekarang jangan sepelekan tumbuhan yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *