Waspada Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita Sebelum Terlambat

Pesantenanpati.com – Gejala penyakit jantung pada wanita tampak berbeda dengan pria. Gejala wanita lebih bervariasi daripada pria, tetapi tidak selalu disadari. Penyakit ini sering dianggap sebagai penyakit yang umum menyerang pria.

Padahal, penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, tua atau muda. Maka tidak heran jika penyakit ini menjadi penyebab utama kematian di Indonesia. Khusus pada wanita, penyakit jantung memiliki gejala yang berbeda-beda, tidak hanya nyeri dada atau tekanan yang berlangsung beberapa menit seperti biasanya.

Namun, tampaknya wanita  tidak selalu menyadari gejala tersebut, karena beberapa gejala tidak muncul pada area dada. Selain itu, gejala penyakit mematikan ini pada wanita  lebih sering terjadi saat istirahat atau bahkan saat tidur, sehingga semakin sulit mendeteksinya.

Masalahnya adalah karena wanita memiliki gejala penyakit jantung yang berbeda dari pria, wanita lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung dibandingkan pria. Padahal sebenarnya wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung. Itulah mengapa penting untuk mengetahui penyakit yang dialami setiap orang ini. Berikut beberapa gejala penyakit jantung pada wanita yang perlu kamu ketahui.

  1. Merasa tidak nyaman pada bagian leher, rahang, bahu, punggung atas, dan perut atas.

  2. Sesak napas

  3. Terasa nyeri pada kedua tangan atau salah satunya

  4. Mual dan muntah

  5. Mudah berkeringat

  6. Pusing atau sakit kepala ringan

  7. Dada terasa nyeri

  8. Terjadi gangguan pencernaan

  9. Merasakan kelelahan yang tidak biasa

Jika kamu merasakan gejala ini beberapa kali atau secara berulang, segeralah hubungi bantuan medis agar mendapat pemeriksaan. Apabila memiliki gejala tersebut, seorang wanita sebaiknya melakukan perubahan gaya hidup untuk mengurangi potensi risiko terkena berbagai penyakit mematikan.

BACA JUGA :   6 Kebiasaan yang Menunjukkan Toxic Pada Diri Sendiri

Mulailah untuk mengonsumsi makanan yang sehat, berhenti merokok, rutin berolahraga, serta mengontrol stress. Selain itu, baik pria maupun wanita juga harus senantiasa menjaga berat badan, kadar gula darah, tekanan darah dan kolesterol. Perlu kamu tahu bahwa wanita dengan kolesterol, tekanan gula darah dan tekanan darah yang tinggi akan memiliki risiko lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *