1.400-an Hektare Sawah di Demak Terdampak Banjir

Demak, Pesantenanpati.comKepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Agus Herawan mengatakan bahwa ribuan hektare areal tanaman padi tergenang banjir dengan usia tanaman bervariasi.

Agus menyebutkan, daerah terdampak banjir besar kemungkinan akan terus bertambah.

“Data sementara untuk luas areal tanaman padi yang tergenang sekitar 1.400-an hektare. Tentunya masih bisa bertambah karena daerah yang terdampak banjir juga semakin meluas,” kata Agus, Jumat (9/2).

Lebih lanjut, untuk membantu petani yang terdapak akan dilakukan pendataan secara detail yang nantinya akan dilaporkan sehingga bantuan bisa bisa diberikan.

Senada dengan Agus, Kepada Desa Dempet, Suwondo memaparkan bahwa lahan sawah di desanya yang terendam banjir sekitar 70-an hektare, dengan usia tanaman 40-60 hari.

Diketahui, ketinggian genangan banjir di lahan sawah Desa Dempet ada yang setinggi tanaman padi hingga tidak terlihat sama sekali. Besar kemungkinan tanaman petani mengalami puso.

“Tentunya tanaman yang tergenang hingga tidak terlihat, hanya bisa bertahan dalam jangka waktu lima hari. Selebihnya tentu bisa puso,” ujarnya.

BACA JUGA :   Pemkab Demak Fokus Perbaiki Lingkungan Pasca Banjir

Sebagai informasi, wilayah di Kabupaten Demak yang terdampak banjir sebanyak 30 desa yang tersebar di tujuh kecamatan, meliputi Kecamatan Karanganyar, Karangawen, Dempet, Bonoagung, Wonosalam, Karangtengah, dan Gajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *