Tahun Depan Pemkab Pati Terima Dana Lebih Besar, Fraksi NKRI Ingatkan Pengelolaan Matang

Pati, Pesantenanpati.com – Fraksi Nurani Keadilan Rakyat indonesia (NKRI) Kabupaten Pati memberikan masukan kepada Pemkab Pati, seiring peningkatan anggaran kelola di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.

Ali Mundir, Salah satu anggota fraksi NKRI DPRD sekaligus kader Partai Nasdem menyampaikan anggaran yang dikelola Pemkab Pati tahun depan harus diimbangi dengan perencanaan hingga pengawasan yang baik.

“Semakin meningkatnya anggaran yang dikelola desa dan kelurahan baik yang berasal dari dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) dan bagi hasil pajak dan retribusi daerah, maka harus diimbangi dengan tata kelola yang baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan penatausahaan, pelaporan pertanggungjawaban serta pengawasan,” ujar Ali Mundir saat Paripurna Raperda tentang APBD tahun 2023 kemarin.

Meski demikian, secara keseluruhan lanjut Ali Mundir, seluruh anggota Fraksi NKRI menyetujui rancangan pengalokasian APBD yang disusun oleh Pemerintah Eksekutif setempat.

“Setelah mencermati dan menimbang jawaban Bupati terhadap pandangan umum fraksi, masukan dan pendapat dari anggota fraksi yang telah melaksanakan pembahasan pada rapat pansus, badan dan komisi terkait, maka fraksi NKRI DPRD Pati pada prinsipnya menerima dan setuju Raperda tentang APBD Pati tahun 2023,” ujarnya.

BACA JUGA :   Ramalan Cuaca Pati, Senin (22/4)

Raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pati tahun anggaran 2023 telah disepakati oleh seluruh Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Senin, (28/11/2022).

Dalam Raperda APBD tahun 2023 disebutkan, total pendapatan daerah Kabupaten Pati tahun 2023 ditargetkan sebesar Rp2,63 triliun. Sementara belanja daerah sebesar Rp2,69 triliun. Artinya terdapat defisit sebesar Rp57,5 miliar.

Meskipun defisit, tidak ada aturan yang melarang APBD daerah yang dipimpin seorang Pj mengalami defisit. Dengan demikian, seluruh fraksi DPRD menyepakati Raperda APBD tersebut. (adv)

 

Tahun Depan Pemkab Pati Terima Dana Lebih Besar, Fraksi NKRI Ingatkan Pengelolaan Matang“. Mitrapost.com, 3 Des 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *