Rentan Pergesekan di Tahun Politik, Ini Pesan Henggar pada Kades Baru

Pati, Pesantenanpati.com – Tahun politik rentan dengan pergesekan dan permasalahan-permasalah kecil yang dapat menyebabkan perpecahan.

Mengingat hal itu, Henggar Budi Anggoro pun berpesan kepada tiga kepala desa Pergantian Antar Waktu (PAW) Kabupaten Pati untuk tetap berusaha menjaga agar jangan sampai saat menjelang tahun politik memunculkan masalah baik itu hanya sebatas kecil maupun yang sifatnya besar.

“Jika nanti jangan sampai saat tahun politik itu muncul permasalahan-permasalahan yang timbul di wilayah bapak-bapak sekalian, semuanya kita sangat berharap jangan sampai ada permasalahan walaupun itu sifatnya kecil, kalaupun ada gesekan-gesekan kecil yang umum di awal pemilihan umum saya anggap tidak masalah,” pesannya.

Gesekan-gesekan yang mungkin terjadi itu yang perlu diantisipasi dan dihadapi dengan bijak sehingga tak menimbulkan gesekan yang lebih besar.

“Sehingga jangan sampai gesekan yang kecil ini menjadi besar yang tentunya ke depan akan membahayakan bagi ketertiban kita bersama,” tambah Henggar.

Lebih lanjut, dihal yang sama, Mohamad Firdaus Maula selaku Kepala Desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu mengatakan bahwa saat menjelang tahun politik akan selalu koordinasi dengan desa baik dari partai manapun untuk membuat perjanjian tidak tertulis guna menciptakan lingkungan yang kondusif.

BACA JUGA :   PDAM Tirta Bening Akui Tak Keberatan dengan Ketentuan CSR

“Mungkin setiap istilahnya ada koordinator desa dari calon dari partai manapun kalau diwilayah tayu memang sudah dibiasakan untuk melapor kepada pihak desa untuk semacam perjanjian tidak tertulis untuk saling kondusif dan bisa dipastikan kondusif, insyaallah,” kata Firdaus.

Tak hanya itu, saat menjelang tahun politik 2024 ia akan selalu bersikap netral. Terlebih pihaknya akan selalu memberikan ruang kepada masyrakat Desa Tayu Wetan khususnya yang akan mencalonkan diri di partai manapun.

Sementara itu, Sunaryo selaku kepala desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti menuturkan bahwa pihaknya akan selalu berusaha menjaga agar didesa tersebut dalam keadaan kondusifutas dan aman.

“Ya disana sepertinya belum begitu banyak gerakan-gerakan partai politik, dan disana juga udah ada calonnya. Dan kami berusaha menjaga agar didesa kami selalu dalam keadaan kondusif dan aman,” tuturnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *