Masuk Musim Kemarau, Ketersediaan Air Bersih Jadi Penyelamat Wilayah Kekeringan  

Pati, Pesantenanpati.com – Memasuki musim kemarau, ketersediaan air bersih menjadi hal yang penting dan sangat dibutuhkan bagi wilayah Kabupaten Pati yang mengalami kekeringan.

Oleh karena itu, organisasi sosial Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati pun menjadi salah satu pihak yang gerak cepat dan menyiapkan ketersediaan air bersih bagi masyarakat.

Haryanto selaku Ketua PMI Kabupaten Pati mengatakan akan selalu mengupayakan kebutuhan masyarakat berupa air bersih di setiap wilayah yang membutuhkan atau mengalami kekeringan di Pati.

“PMI sebagai organisasi kemanusiaan, selalu menyiapkan diri untuk antisipasi mulai dari ketersediaan darah, dan saat ini adalah air bersih untuk wilayah terdampak kekeringan di Pati,” katanya saat diwawancarai pada Jumat, (18/8/2023).

Lebih lanjut, hingga kini berdasarkan laporan yang telah diterima oleh timnya, setidaknya telah menyalurkan sebanyak 50 tangki air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dimana tangki tersebut, telah disalurkan ke lima kecamatan yang mengalami kekeringan. Yang diantaranya yakni Kecamatan Pucakwangi, Winong, Jaken, Jakenan dan juga Kecamatan Sukolilo.

BACA JUGA :   DLH Kabupaten Pati Sebut Eceng Gondok Hambat Aliran Sungai

Ia mengatakan setidaknya hampir setiap hari selalu mendapatkan laporan dan melakukan pendistribusian air bersih di wilayah darurat air bersih di Kabupaten Pati.

“Kami akan mencoba mendata mereka sesuai permintaan atau kebutuhan. Dan intinya PMI tak memperjualbelikan air-air yang disalurkan tersebut,” tegas Haryanto. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *