Disdagkop UKM Magelang Droping Minyak Subsidi di Pasar Muntilan

Pesantenanpati.com – Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) Kabupaten Magelang telah melakukan droping minyak subsidi di pasar Muntilan pada hari ini, Jumat (17/2).

Tidak hanya melakukan droping minyak subsidi dengan merek Minyakita, Disdagkop UKM Magelang juga turut melakukan pengawasan.

Kepala Bidang Perdagangan pada Disdagkop UKM Kabupaten Magelang, Pantjaraningtyas Putranto menjelaskan, Minyakita merupakan subsidi dari DMO (Domestic Market Obligation).

“Di Kabupaten Magelang, kebetulan kami terima 240 karton/setara dengan 2.880 liter (Minyak Kita), kebetulan penyalurnya adalah CV. Pelita Hati,” jelas Pantjaraningtyas di sela melakukan pengawasan dan dropping Minyak Kita di Pasar Muntilan bersama jajaran Forkopimcam Muntilan dan Tim Satgas Pangan.

Pantjaraningtyas mengatakan bahwa terdapat 240 karton Minyakita yang akan didistribusikan ke pasar-pasar pantauan.

Nantinya terdapat tiga pasar yang akan menerima droping Minyakita, diantaranya adalah Pasar Muntilan, Salaman, dan Grabag.

“Hari ini kita sedang melakukan evaluasi pengawasan di Pasar Muntilan. Di masing-masing pasar ada 10 toko/kios yang akan dipantau terus hingga nanti hari besar keagamaan, sampai dengan lebaran nanti. Mudah-mudahan stok aman harga stabil khusus untuk minyak subsidi,” harapnya.

BACA JUGA :   Soal Tapera, Basuki Hadimuljono: Jika Belum Siap Kenapa Tergesa-gesa?

Ia mengatakan, minyak subsidi ada dua macam yaitu minyak kemasan dengan merek Minyakita dan minyak curah. Pada minyak curah akan dipasang banner dengan tulisan ‘dijual 14.000/liter/ Rp15.500/kg.

“Untuk minyak rakyat/subsidi kemasan, masyarakat hanya boleh membeli maksimal 2 liter saja dalam satu hari dengan harga Rp14.000/liter,” tegasnya.

Disdagkop UKM Kabupaten Magelang memberikan dropping minyak rakyat kepada 10 kios di setiap pasar pantauan dengan kuota 7 karton di setiap kiosnya sementara ini.

Kendati demikian, pihak Disdagkop telah bersurat kepada Kemendag untuk meminta tambahan sehingga menjadi 750 karton untuk droping minyak rakyat di Kabupaten Magelang.

“Sehingga di masing-masing pasar pantauan tidak hanya 10 kios saja yang mendapat dropping minyak rakyat dan bisa lebih merata, namun kembali lagi tergantung stok yang diberikan kepada kita,” terangnya.

Di lain sisi, Distributor Minyak Tingkat II Pelita Hati, Yohanes Yuli menyebutkan, khusus untuk Pasar Muntilan hari ini telah dilakukan dropping minyak subsidi sebanyak 70 karton/840 liter.

Kemudian untuk minggu depan, sesuai koordinasi dengan Disperindag akan dilakukan droping minyak di Pasar Salaman dan Pasar Grabag. (*)

BACA JUGA :   Lima Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus dan Truk di Tol Cipali

 

Disdagkop UKM Magelang Droping Minyak Subsidi di Pasar Muntilan“. Mitrapost.com, 17 Februari 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *