Manfaat Daun Kemangi Selain Sebagai Lalapan Mampu Atasi Stres

Pesantenanpati.com – Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan daun kemangi.  Biasanya masyarakat Indonesia menggunakan daun ini sebagai lalapan. Kuliner Indonesia memang menawarkan cita rasa yang unik dan enak.

Rempah-rempah dan hasil bumi dari Indonesia yang sering dijumpai adalah daun kemangi. Selain aroma dan rasa yang menggugah selera, daun kemangi memiliki manfaat yang luar biasa. Berikut ini beberapa manfaat daun kemangi, mulai dari meringankan penyakit jantung hingga menghilangkan stress.

  1. Meringankan penyakit jantung

Adanya kandungan antioksidan eugenol pada daun ini mampu mengendalikan kolesterol dan gula darah. Selain itu juga mampu membantu mengatasi penyakit jantung.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dalam sebuah buku tentang Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga, tertulis bahwa daun kemangi mengandung beta karoten yang mampu memperkuat reaksi antibodi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Menguatkan tulang

Kandungan vitamin K-nya bermanfaat untuk menguatkan tulang, sehingga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan.

  1. Menjaga kesehatan hati

Sebuah studi tahun 2015 pada seekor tikus dalam Ayurvedic Journal menemukan bahwa antioksidan dalam daun kemangi memiliki efek positif pada kesehatan hati.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Kandungan magnesiumnya mampu membengkokkan pembuluh darah sehingga melancarkan sirkulasi darah.

  1. Mencegah penuaan dini

Manfaat selanjutnya yaitu daun kemangi dapat mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas karena mengandung antioksidan.

  1. Mampu melawan kanker

Dalam jurnal Nutrition and Cancer tahun 2013, para ahli meneliti potensi manfaat daun ini dalam pencegahan kanker. Fitokimia dalam daun kemangi telah terbukti mampu membantu untuk mencegah beberapa jenis kanker kulit, hati, mulut dan paru-paru.

  1. Sebagai obat jerawat

Daun ini mengandung zat antibakteri dan antijamur yang efektif membersihkan darah. Dengan begitu, kulit wajah dan tubuh dapat terlihat lebih segar dan cerah.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Selanjutnya daun lalapan ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, terutama perut kembung dan sembelit. Tanaman ini juga dapat memperlancar pencernaan sekaligus efektif menormalkan keseimbangan asam lambung.

  1. Meningkatkan kesehatan mental

Menurut Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, daun ini baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir, mencegah hilang ingatan, memperbaiki gangguan tidur, hingga dapat meningkatkan kesehatan mental.

  1. Mengalahkan stres

Kandungan adaptogen atau gen anti stres pada daun kemangi dapat melindungi diri dan mencegah stres.

BACA JUGA :   5 Manfaat Semangka Untuk Kecantikan

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi daun kemangi yang perlu kamu ketahui. Setelah mengetahui manfaatnya, maka jangan lupa untuk memasukkan daun kaya manfaat itu ke dalam asupan makanan kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *